Desain Eksterior Minimalis, Tampilan rumah Yang Sedang Populer

Desain Eksterior Minimalis, Tampilan rumah Yang Sedang Populer

Rumah terdiri dari dua bagian, yakni interior atau bagian dalam bangunan, dan eksterior atau bagian bangunan yang luar. Banyak sekali orang bingung dalam memilih tampilan luar rumahnya, karena tampilan depan rumah akan terlihat banyak orang. Semakin bagus dan kreatif tampilannya, akan semakin membuat orang kagum melihatnya.

Desain eksterior yang tepat tidak begitu saja di pilih lalu di terapkan. Untuk menentukan tampilan rumah harus melihat lokasi rumah yang akan di buat. Sebagai gambaran, bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Desain eksterior berarti perancangan karya seni pada sisi luar bangunan. Dengan kata lain membuat gambaran bagian depan bangunan agar tampak cantik, menarik, dan indah di pandang, rancangan ini meliputi penataan rumput atau halaman, pagar, pintu, kaca serta jendela, dan lain sebagainya.

Desain yang saat ini sedang popular adalah tampilan minimalis, dimana rancangan tampak depannya sangat sederhana namun menimbulkan kesan menarik dan mewah. Tidak seperti bangunan bergaya timur tengah dan lain sebagainya yang lebih menonjolkan karya-karya seni pahat atau ornament rumit, desain eksterior minimalis ini hanya menunjukkan pola dan struktur bangunan yang apa adanya.

Desain minimalis banyak diterapkan pada bangunan yang tidak begitu luas. Dalam hal eksterior, model minimalis hanya perlu mempertahankan tiga bagian bangunan, meliputi taman, teras, dan akses jalan masuk rumah atau tempat memarkirkan kendaraan roda empat pemilik rumah. Dengan tidak membuang tiga area penting tadi, menerapkan desain eksterior minimalis akan lebih maksimal hasilnya nanti.

Desain yang bagus adalah yang mampu memanfaatkan setiap sudut lahan untuk bisa digunakan pemilik rumah. Banyak orang menggunakan konsep simple dan sederhana pada desain rumahnya, hal ini di sebabkan karena keterbatasan lahan untuk membuat gaya eksterior yang berlebihan. Setiap rumah mempunyai ukuran halaman yang berbeda, hal ini membuat Anda harus terlebih dahulu mengetahui seberapa luas area eksterior yang akan Anda desain.

Anda masih bisa merancang konsep minimalis bagian luar rumah Anda dengan baik meskipun Anda tidak memiliki ruang eksterior yang cukup luas.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bagian depan rumah Anda tampak bagus dan menarik di pandang.

1. Tatanan depan rumah yang alami.

Yang membuat desain eksterior dengan konsep minimalis semakin menarik adalah bentuk yang alami. Area luar rumah Anda terhubung dengan lingkungan secara langsung. Jadi, desain eksterior yang alami sangat cocok Anda terapkan pada rumah depan sehingga menimbulkan efek yang natural tanpa terlihat di buat-buat.

Hias halaman depan rumah dengan hijau rumput dan tanaman bunga yang cantik, tidak perlu lahan luas, asal cukup untuk menaruh beberapa tanaman bunga yang di susun secara rapi akan membuat bagian eksterior rumah Anda terasa lebih sejuk dan menyegarkan.

2. Pagar rumah.

Pagar rumah selain berfungsi sebagai penjagaan terhadap rumah Anda, juga bisa difungsikan sebagai pembatas dan aksesoris desain eksterior minimalis rumah Anda. Model pagar yang digunakan sebaiknya bermotif sederhana, bukan yang menyerupai bunga atau ukiran.

Namun keberadaan pagar tentu tergantung area eksterior itu sendiri, jika lahan terlalu sempit untuk di pasang pagar seperti pada perumahan cluster, maka akan membuat rumah tampak sempit apabila dipaksakan memasang pagar.

3. Menggunakan material yang unik.

Pada desain minimalis bagian eksterior merupakan bagian yang cocok untuk dihiasi dengan berbagai material unik. Misalnya seperti penggunaan bata merah sebagai dinding rumah atau tiang penyangga pet rumah sehingga terlihat keaslian dari bahan bangunan tersebut.

Hal yang harus Anda teliti apabila menerapkan desain ini adalah mencari tukang yang profesional sebab jika kurang ahli dalam pemasangan bata merah, bisa jadi posisi bata tidak terpasang rapi dan dinding akan terlihat kurang menarik.

Menggunakan bata ringan yang di tumpuk bervariasi dan rapi, atau divariasi dengan batu alam. Saat ini motif batu alam tidak hanya berupa garis vertical, banyak juga yang di bentuk menyerupai ukiran kayu. Namun sebenarnya agar lebih terkesan natural, Anda lebih baik memilih motif garis.

Aksesoris lain adalah menggunakan kayu. Boleh menggunakan kayu ukiran, akan tetapi ukiran yang dipilih sebaiknya motif garis agar tidak terkesan berlebihan. Sedangkan untuk jenis kayu Anda bisa memilih beberapa jenis kayu yang berkualitas bagus.

Beberapa jenis kayu tidak cocok dengan hawa panas, jadi bagi Anda yang tinggal di dataran rendah sebaiknya memilih jenis kayu seperti albasia, jati, sonokeling, dan lain sebagainya Sedangkan untuk dataran tinggi hamper semua jenis kayu bisa digunakan.

Sekian ulasan mengenai desain eksterior berkonsep minimalis, dari tiga tips tadi tentunya Anda sendiri yang bisa menentukan bahan mana yang akan Anda gunakan, karena pada dasarnya konsep bangunan minimalis adalah desain yang fleksibel, tergantung dari lokasi yang tersedia.

Semoga bermanfaat.

You may also like