Inilah Kerugian Over Kredit Property Yang Tidak Disadari

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah, baik itu rumah yang sederhana, minimalis, maupun rumah mewah. Namun sering kali masyarakat yang berada pada perekonomian yang kurang baik tidak dapat memiliki rumah sehingga mereka lebih memilih untuk mengontrak.

Inilah Kerugian Over Kredit Property Yang Tidak Disadari

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membeli rumah. Seperti halnya dengan menggunakan KPR, Over kredit property atau hal lain sebagainya. Namun tentunya dari semua jenis pembelian rumah memiliki keuntungan dan kerugian. Salah satunya yaitu kerugian over kredit property.

Membeli rumah saat ini bisa menggunakan cara, salah satunya dengan menggunakan over kredit property. Over kredit properti memiliki beberapa keunggulan, oleh sebab itu banyak orang yang membeli rumah dengan cara over kredit property.

Biasanya orang-orang melakukan over kredit property karena sudah tidak sanggup lagi untuk membayar cicilan angsuran kredit KPR. Oleh sebab itu properti yang sudah dibeli di over kreditkan.

Namun, tahukah Anda mengenai kerugian over kredit property? Ada beberapa cara over kredit properti dan semua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Nah untuk Anda yang ingin membeli rumah dengan menggunakan over kredit property berikut ini akan dijelaskan beberapa kekurangan over kredit property yang bisa Anda ketahui.

1. Over kredit properti melalui bank

Ketika membeli rumah menggunakan over kredit properti biasanya pihak penjual dengan pembeli hanya melakukan kesepakatan bersama saja. Oleh sebab itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya dalam proses over kredit properti antara pihak pembeli dengan pihak penjual perlu menghubungi pihak bank baik secara tertulis maupun lisan.

Hal ini bertujuan agar bank mengetahui bahwa rumah tersebut sudah di over kredit. Selain itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pihak pembeli yang sudah melunasi rumah namun bank hanya mengetahui bahwa pihak penjual yang melunasi sehingga dalam proses pengambilan sertifikat akan ditolak meskipun memiliki surat kuasa.

Adapun kerugian over kredit properti melalui bank adalah sebagai berikut:

  • Proses pengajuan sebagai debitur yang baru biasanya lebih rumit.
  • Ada kemungkinan bahwa debitur pengganti bisa ditolak oleh bank
  • Membutuhkan waktu yang lama karena harus melalui analisis kredit oleh pihak bank
  • Memerlukan biaya yang lebih mahal dalam proses penggantian debitur yang baru, hal ini tergantung dari kebijakan masing-masing bank.

2. Over kredit melalui notaris

Jika Anda tidak ingin melakukan over kredit melalui bank karena kerumitan dalam penggantian debitur, maka nada bisa menggunakan langkah kedua dengan menggunakan notaris. Cara mengover kredit property menggunakan notaris cukup aman dan mudah.

Meskipun hasilnya tidak sempurna saat menggunakan bank. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar, sehingga dapat menghemat anggaran. Namun, tahukah Anda bahwa over kredit properti melalui notaris memiliki banyak kekurangan yang bisa saja terjadi. Dan kekurangan tersebut tidak bisa diduga dengan jelas.

Adapun kerugian over kredit properti melalui notaris yaitu:

  • Sertifikat properti masih atas nama penjual meskipun yang melunasi adalah pihak pembeli, selain itu sertifikat juga masih menjadi jaminan di bank.
  • Pihak pembeli yang harus membayar cicilan KPR setiap bulannya namun atas nama pihak penjual.
  • Pihak pembeli bisa melakukan kecurangan jika sewaktu-waktu pihak pembeli memiliki uang kemudian melunasi cicilan dan mengambil sertifikat yang ada di bank. Ini bisa saja terjadi karena pihak bank tidak mengetahui bahwa rumah sudah di over kreditkan.

Jika sudah begini, maka pihak pembelilah yang akan sangat dirugikan. Selain itu dalam mengurus masalah ini juga sangat rumit karena pihak bank tidak mengetahui bahwa rumah tersebut sudah di over kreditkan. Oleh sebab itu sangat penting dalam melakukan over kredit dengan menghubungi pihak bank.

Perlu diperhatikan bahwa semua yang dilakukan memiliki kerugian dan keuntungan masing-masing. Tidak serta merta bahwa sebuah lembaga membuat suatu jasa hanya memikirkan keuntungannya saja. yang pasti akan ada kerugian yang di hasilkan meskipun sedikit. Salah satunya dalam masalah kerugian over kredit property ini.

Mungkin over kredit properti memiliki banyak kelebihan yang dapat menguntungkan. Namun tanpa di sadari sebenarnya over kredit properti juga memiliki kerugian yang perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, dalam menyikapi segala hal pikirkan dengan cermat dan lebih hati-hati lagi agar kerugian yang dihasilkan tidaklah besar.

You may also like