Langkah-Langkah Mengajukan Kredit Rumah Yang Bisa Dicoba

Membeli rumah merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Dalam membeli rumah biasanya cara membayarnya menggunakan sistem KPR, hal ini karena kebanyakan orang sat ini tidak mampu membeli rumah dengan membayar secara tunai karena harga rumah semakin naik terus menerus.

Langkah-Langkah Mengajukan Kredit Rumah Yang Bisa Dicoba

Maka solusi KPR ini banyak digunakan saat ini. Untuk mengajukan kredit rumah menggunakan KPR maka yang dibutuhkan adalah memiliki uang sebanyak 30% dari harga rumah maka Anda bisa langsung memiliki rumah.

Namun ada baiknya dalam jumlah biaya yang dimiliki tidak hanya 30% saja dari harga rumah. Karena biaya di luar hal tersebut masih banyak lagi seperti biaya tAnda jadi, uang muka, biaya notaris, biaya asuransi dan masih banyak lainnya. Dan tentunya biaya tersebut diluar biaya pengajuan kredit rumah. Untuk mengajukan kredit rumah maka ada beberapa tahap yang harus dilakukan.

Semua tahap mengajukan kredit rumah akan dijelaskan berikut ini.

1. Melengkapi dokumen persyaratan

Dalam mengajukan kredit rumah ada beberapa persyaratan dokumen yang harus dipenuhi. Adapun persyaratan tersebut meliputi, dokumen pribadi dan dokumen rumah yang akan dibeli.

Untuk dokumen pribadi meliputi kartu keluarga dan KTP, buku nikah, NPWP, slip gaji, rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat keterangan bekerja (khusus untuk pegawai).

Sedangkan untuk dokumen rumah yang akan dibeli meliputi, salinan surat izin mendirikan bangunan, salinan sertifikat tanah, salinan surat tAnda jadi dari penjual rumah yang isinya menyatakan setuju untuk menjual rumah tersebut.

Setelah semua dokumen tersebut terpenuhi dan lengkap, maka bawalah dokumen tersebut ke bank, dengan begitu bank akan mengecek dokumen yang Anda ajukan.

2. Proses aprasial

Setelah proses pengajuan kredit rumah melalui bank lolos, maka selanjutnya bank akan melakukan proses aprasial. Proses aparsial ini dilakukan untuk meninjau atara harga rumah dengan pinjaman yang dilakukan. Jika Anda membeli rumah melalui developer yang sudah bekerja sama dengan bank maka proses aprasial ini akan gratis.

Lain halnya jika Anda membeli rumah pada developer yang tidak bekerja sama dengan bank. Proses aprasial ini biayanya akan di tanggung oleh Anda sendiri. Anda harus membayar jasa utusan bank yang datang untuk meninjau rumah tersebut.

Lain halnya jika Anda mengajukan pada bank syariah maka proses aprasial tidak dikenakan biaya melainkan gratis.

3. Kalkulasi penawaran bank

Ketika semua persyaratan mengajukan kredit rumah sudah disetujui oleh pihak bank maka and juga harus memperhatikan hal-hal yang penting sebelum KPR diterima. Hal-hal penting tersebut meliputi:

• Suku bunga

Pastikan suku bunga yang diberikan oleh bank sesuai dengan kemampuan Anda. Hal ini karena KPR adalah persetujuan hutang yang terjadi dalam jangka waktu yang lama.

Oleh sebab itu hal ini perlu diteliti dan dipelajari lebih lanjut lagi. Umumnya untuk perjanjian awal suku bunga yang ditawarkan oleh bank sebesar 9% dalam jangka waktu satu tahun.

Namun suku bunga ini hanya berlaku untuk jangak waktu dua tahun saja. Dan ketika mang mengalami rate yang tinggi otomatis suku bunga akan naik, lain halnya ketika rate turun maka suku bungs tidak akan turun.

• Syarat dan ketentuan

Dalam mengajukan kredit rumah maka ada syarat dan ketentuan yang diajukan oleh bank. Anda harus menyetujui syarat dan ketentuan tersebut. Jika tidak ingin dirugikan maka carilah bank yang menerapkan uang pinalti yang sedikit dalam KPR.

4. Kredit disetujui bank

Ketika kredit sudah disetujui bank maka baru akan dikeluarkan surat persetujuan kredit (KPK). Bank akan menunjuk notaris untuk memenuhi semua persyaratan dan calon pembeli yang harus menanggung semua biaya tersebut.

5. Tanda tangan akad kredit

Ini adalah langkah terakhir dalam mengajukan kredit rumah ke bank, biasnya ini di saksikan oleh notaris yang sudah ditunjuk juh-jauh hari. Untuk akan ini dilakukan seminggu sebelum kredit dimulai.

Dalam membeli rumah menggunakan KPR maka harus mengajukan kredit rumah terlebih dahulu kepada bank. Untuk mengajukan kredit rumah Anda bisa mengikuti langkah-langkah diatas agar Anda tidak bingung saat mengajukan kredit rumah. Pastikan pilih bank yang tepat saat mengajukan kredit.

You may also like