Ingin Memiliki Rumah? Lakukan 2 Perencanaan Membeli Rumah Yang Tepat Berikut Ini

Semua orang pasti ingin memiliki rumah idaman masing-masing, hal ini karena rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh manusia. Rumah dijadikan sebagai tempat berlindung ketika hidup di bumi.

Namun, banyak orang yang mengalami kesulitan saat ingin memenuhi kebutuhan pokok yang satu ini. Hal ini karena harga rumah saat ini relatif mahal, sehingga tidak semua orang mampu membelinya. Agar dapat membeli rumah tentunya dibutuhkan perencanaan membeli rumah.

Ingin Memiliki Rumah Lakukan 2 Perencanaan Membeli Rumah Yang Tepat Berikut Ini

Seseorang yang ingin memiliki rumah maka ia harus merencanakan segala sesuatunya, salah satunya adalah melakukan perencanaan uang untuk membeli rumah. Bagaimana cara memiliki rumah dengan gaji yang tidak terlalu tinggi.

Anda harus membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengumpulkan uang agar dapat membeli rumah. Dan bila waktunya telah tiba, maka harga rumah yang Anda inginkan sudah naik lagi. Tentunya ini akan menyulitkan Anda dalam membeli rumah.

Untuk itu, selama Anda masih kuat bekerja, berusahalah untuk memiliki rumah sejak dini. Hal ini bertujuan agar kelak di masa tua hidup Anda sudah terjamin ketika Anda sudah memiliki rumah.

Pilihlah lokasi rumah yang strategis agar Anda dapat mudah pergi kemana-mana. Selain itu pastikan perencanaan yang Anda lakukan tepat, sehingga rumah impian yang Anda inginkan dapat menjadi milik Anda.

Hal yang harus diperhatikan saat melakukan perencanaan membeli rumah adalah menyiapkan uang muka membeli rumah sebanyak 40% dari jumlah pendapatan. Hal ini bertujuan agar ketika Anda melakukan KPR maka jumlah uang yang harus Anda bayarkan tidak terlalu banyak.

Sehingga hal tersebut dapat membantu Anda untuk menggunakan uang yang Anda miliki untuk memenuhi kebutuhan Anda yang lainnya.

Untuk memiliki rumah idaman, ada perencanaan yang harus Anda lakukan. Hal ini bertujuan agar jangka waktu pembayaran dapat terselesaikan tanpa adanya macet dijalan.

Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan perencanaan membeli rumah yang bisa Anda lakukan agar Anda dapat memiliki rumah idaman.

1. Menghitung pengeluaran

Ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah maka perencanaan membeli rumah yang harus Anda lakukan adalah dengan menghitung pengeluaran. Hal ini bertujuan agar terdapat sisa gaji yang Anda miliki.

Dari sisa gaji tersebut dapat Anda tabung untuk membeli rumah. Karena dalam membeli rumah ada dua hal yang harus Anda persiapkan yaitu uang muka dan uang cicilan.

Jika pendapatan dan pengeluaran yang Anda lakukan lebih banyak pengeluarannya maka Anda tidak dapat menabung untuk membeli rumah. Pastikan bahwa pengeluaran harus lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan. Sehingga tabungan untuk membeli rumah yang Anda inginkan dapat segera terwujud.

Mengapa Anda harus mempersiapkan tabungan membeli rumah sebanyak 40% dari gaji Anda. Padahal biasanya cicilan rumah berjumlah 30% dari jumlah gaji atau pendapatan Anda.

Hal ini bertujuan agar ketika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang mendadak uang yang akan dipakai untuk mencicil rumah tidak akan terpakai. Sehingga tidak ada acara menunggak cicilan di tengah jalan. Dengan melakukan perencanaan membeli rumah ini, maka Anda dapat melunasi rumah impian Anda dengan cepat dan tanpa masalah suatu apapun.

2. Asumsi perencanaan keuangan

Untuk mendapatkan rumah yang Anda inginkan Anda perlu melakukan asumsi perencanaan keuangan. Hal ini bertujuan agar uang yang Anda miliki cukup untuk membeli rumah. Misalnya jika gaji Anda adalah 5 juta rupiah, maka Anda bisa mencari rumah dengan kredit satu bulannya 1,5 juta.

Namun ini akan sulit, karena pendapatan di atas 4 juta sudah tidak mendapatkan rumah bersubsidi. Sehingga pastikan Anda membeli rumah yang harganya tidak lebih dari 180 juta.

Ketika Anda ingin membeli rumah Anda harus memastikan untuk menyisihkan gaji sebanyak 40% agar uang cepat terkumpul. Sehingga jika ada kenaikan harga rumah, maka Anda bisa membayar uang muka tanpa kekurangan uang. Gunakan perencanaan membeli rumah yang tepat agar Anda dapat memiliki rumah idaman yang Anda inginkan.

Dalam membeli rumah tentunya tidak mudah, untuk itu perlu adanya perencanaan membeli rumah yang matang. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda mendapatkan rumah idaman Anda tanpa Anda harus menunggu terlalu lama.

Jika Anda sudah mendapatkan rumah yang Anda inginkan, selanjutnya Anda hanya perlu membayar uang muka dan menunggu approve dari Bank agar pengajuan kredit Anda diterima.

You may also like